Fokus mata ajar ini adalah pada pemenuhan kebutuhan klien dewasa dengan gangguan pemenuhan kebutuhan oksigenasi, sirkulasi dan hematologi. Pemberian asuhan keperawatan pada kasus gangguan pernapasan, kardiovaskuler,dan hematologi berdasarkan proses keperawatan dengan mengaplikasikan ilmu biomedik seperti biologi, histologi, biokimia,anatomi, fisiologi, patofisiologi, ilmu keperawatan medikal bedah, ilmu penyakit dalam, farmakologi,nutrisi, bedah dan rehabilitasi.

Mata kuliah Keperawatan Anak I adalah mata kuliah keahlian keperawatan yang berfokus pada respon anak dan keluarganya pada setiap tahap perkembangan mulai lahir sampai dengan akhir masa remaja baik dalam keadaan sehat ataupun sakit, di masyarakat ataupu  dirawat di rumah sakit, serta intervensi keperawatan yang baik bersifat mandiri maupun kolaboratif. 


Pada mata kuliah ini mahasiswa akan fokus mempelajari tentang konsep-konsep psikososial dalam praktik keperawatan yang mencakup konsep diri, kesehatan spiritual, seksualitas, stres adaptasi, konsep kehilangan, kematian dan berduka. Mata kuliah ini juga akan membahas konsep teoritis antropologi kesehatan yang mencakup pembahasan terkait kebudayaan secara umum, kebudayaan rumah sakit, etiologi penyakit ditinjau dari kebudayaan dan persepsi sehat sakit serta respon sehat sakit berbasis budaya. Selain itu juga membahas tentang konsep teoritis transkultural dalam keperawatan yang mencakup perspektif transkultural dalam keperawatan, teori culture care Leininger, pengkajian budaya dan aplikasi keperawatan transkultural pada berbagai masalah kesehatan dan sepanjang daur kehidupan manusia.


Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran Pancasila, mahasiswa mampu membangun paradigm baru dalam dirinya sendiri berdasar nilai-nilai Pancasila melalui kemampuan menjelaskan sejarah, kedudukan dan hakikat sila-sila Pancasila, merespon persoalan actual bangsa dan Negara, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan:


Mata kuliah Sistem Informasi merupakan mata ajar dengan beban studi 2 SKS, yang terdiri dari 1 SKS teori dan 1 SKS praktikum. Mata ajar ini menjelaskan  dan meningkatkan kemampuan dan praktik mahasiswa Keperawatan terhadap konsep dan ruang lingkup system informasi keperawatan. Pada mata ajar ini mahasiswa akan mendapat pemahaman dan praktik yang lebih mendalam terkait system informasi dalam keperawatan.