Mata kuliah ini membahas struktur dan fungsi tubuh manusia, terminologi medis; konsep dasar pembentukan istilah medis, unsur-unsur istilah medis (prefix, suffix) combination form, single plural,meliputi sistem respirasi,  cardiovasculer dan darah. Sejarah perkembangan ICD; riwayat ICD& family classification  dari struktur masing-masing model klasifikasi. Penggunaan instruksi manual pada ICD, Pengkategorian dengan karakteristik umum yang digunakan di ICD 10, Pengkategorian dengan karakteristik umum yang digunakan di klasifikasi tindakan ICD 9-CM. Gangguan fungsi dan berbagai penyakit pada tubuh manusia beserta istilah medis dan tindakan yang terkait sistem respirasi,  cardiovasculer dan darah. Penelusuran penunjang medis dalam menjaga kualitas ketepatan pengkodean penyakit sistem respirasi, cardiovasculer dan darah. Aturan dan tatacara kodefikasi penyakit dan tindakan pada sistem respirasi, cardiovasculer dan darah, terminologi medis terkait gejala, tanda, kelainan bawaan, dan faktor yang mempengaruhi seseorang kontak dengan pelayanan kesehatan pada sistem respirasi,cardiovascular, dan darah. 

Mata kuliah ini mempelajari Konsep dasar RMIK, Sejarah dan perkembangan RM, Paradigma RMIK, jenis-jenis fasyankes, SKN, Organisasi profesi kesehatan, Organisasi dan manjemen rumah sakit, Peran dan fungsi PMIK dalam pelayanan RM.

Bahasa Inggris  adalah  mata kuliah yang ada di semester ganjil. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan  mampu memiliki penguasaan pengetahuan tata bahasa inggris kesehatan  terutama  pada  bagian rekam  medis. Bahan kajian dalam mata kuliah ini adalah tentang Hospitals, The most common medical terminology, Parts of body (language focus; articles), Signs and symptoms of the disease, Building a paragraph, Skimming and scanning, Tenses, grammar, vocabulary, Structure and writen expression. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode kuliah, penugasan, seminar, dan roleplay yang pada semester ini dilakukan dalam jaringan (daring). Penilaian mahasiswa dievaluasi dengan penilaian formatif, sumatif, serta nilai tugas.

Mata kuliah ini membahas hakekat manusia seutuhnya sebagai mahkluk 

Tuhan YME, fungsi agama dan hukum, agama sebagai sumber moral, akhlak 

mulia dalam kehidupan, berkepribadian luhur, kebersamaan dalam pluralitas 

beragama, kontribusi agama dalam kehidupan politik, Iman, ipteks dan amal 

sebagai kesatuan, kewajiban menuntut dan mengamalkan ilmu, tanggung 

jawab manusia

Mata kuliah ini membahas Kehidupan berbangsa dan bernegara, martabat manusia dalam pelayanan RM, tantangan ketahanan nasional dan bela negara, tanggung jawab manusia dalam pelayanan kesehatan, Ketahanan nasional, Dinamika historis dan pentingnya wawasan nusantara, Pandangan kolektif kebangsaan Indonesia dalam konteks pergaulan dunia, HAM dan demokrasi, Hak dan kewajiban warga negara Indonesia, Demokrasi dan pendidikan demokrasi, Masyarakat beradab dan sejahtera, WNI, Identitas sosial sebagai salah satu determinan pembangunan bangsa dan karakter, Sikap dan perilaku sesuai standar nilai moral yang luhur,  pengetahuan nilai-nilai juang Jenderal Achmad Yani, Sejarah Jenderal Achmad Yani, Wajib Pajak sebagai WNI

Mata kuliah ini membahas keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, komunikasi efektif, peran dan fungsi bahasa Indonesia, kedudukan Bahasa Indonesia, Menulis: (a) makalah, (b) rangkuman/ringkasan buku atau bab, dan (d) resensi buku, dan surat menyurat, Membaca untuk menulis: (a) membaca tulisan/artikel ilmiah, (b) membaca tulisan populer, dan (c) mengakses informasi melalui internet, berbicara untuk keperluan akademik: (a) presentasi, (b) berseminar, dan (c) berpidato dalam situasi formal