Mata kuliah ini membahas tentang ruang lingkup bioteknologi dan gambaran penerapannya di bidang farmasi, fermentasi dan aplikasinya, teknik biopharming, kultur jaringan tanaman, rekayasa genetika dalam bidang farmasi, dan teknik analisa dalam bioteknologi

Mata kuliah manajemen farmasi  ini mempelajari tentang manajemen farmasi, manajemen keuangan farmasi, drug management cycle, manajeman dan pelayanan di apotek, serta manajemen dan pelayanan di farmasi rumah sakit.

Mata kuliah Formulasi dan Teknologi Sediaan Padat (FTS Padat) lebih menekankan pada bentuk sediaan padat meliputi: teori dan evaluasi serbuk atau partikel, proses pengeringan, proses pencampuran, metode pembuatan tablet (granulasi dan kompresi), studi formulasi (formula, metode, proses, peralatan dan pengemasan) sediaan tablet. Problem dalam proses pentabletan dan kontrol kualitas sediaan sediaan tablet, tablet salut (teori dan macam penyalutan, metode pembuatan tablet salut gula), tablet effervescent, tablet sublingual, tablet buccal, tablet hisap, problem, evaluasi tablet salut gula, kapsul keras dan lunak (peralatan dan pengisian), dan formulasi kapsul.

Materi praktikum Formulasi dan Teknologi Sediaan Padat (FTS Padat) membahas cara mengevaluasi sifat-sifat bahan tablet meliputi sifat alir, kompaktibilitas, dan daya serap air, dapat menganalisis profil campuran biner bahan dengan metode simplex lattice design. Mahasiswa dapat memproduksi tablet, tablet salut gula  serta dapat melakukan kontrol kualitasnya.

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian fitokimia, jalur biosintesis, teknik-teknik ekstraksi, metode pemisahan metabolit sekunder, identifikasi, karakteristik, metode penyarian dan metode analisis kandungan kimia tanaman (alkaloid, flavonoid, tanin, antrakinon, terpenoid, minyak atsiri, dan steroid) baik secara kualitatif maupun kuantitatif (terpenoid dan minyak atsiri), dan metode skrining senyawa polor serta non polar.



Mata kuliah Mikrobiologi Farmasi membahas tentang bakteri batang gram negatif (enterobakteri) termasuk vibrio, helicobakter, camphylobacter, bakteri batang gram positif, mikobakteria, bakteri kokus, bakteri anaerob, fungi, virus, anti mikroba, skrining antibiotik, protozoa dan parasit penyakit tropis.


Kuliah ini membahas pengertian dan ruang lingkup toksikologi, nasib zat beracun dalam tubuh, aneka kondisi efek toksik, mekanisme aksi, wujud dan sifat efek toksik, respon toksik terhadap senyawa asing, mekanisme molekuler biokimiawi efek toksik, tolak ukur toksisitas secara kualitatif dan kuantitatif, dasar terapi antidot dan ragam uji toksisitas, dan penilaian risiko (risk assessment).

Mata kuliah kewirausahaan ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang perilaku dan sikap kewirausahaan melalui teori-teori yang mendukung serta contoh aplikasi nyata di dunia usaha. Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi peluang bisnis sehingga pada akhirnya dapat memiliki jiwa wirausaha dan memiliki minat untuk berwirausaha yang tertuang dalam rencana atau proposal usaha.

Mata kuliah farmakologi mencakup penjabaran konsep farmakologi, nasib obat di dalam tubuh (proses absorpsi, distribusi, metabolisme dan ekskresi), prinsip aksi obat, kinetika interaksi obat dengan reseptor, obat-obat yang bekerja pada sistem saraf otonom, neurotransmiter susunan saraf pusat, obat-obat yang bekerja pada sistem saraf pusat, obat-obat yang bekerja pada sistem kardiovaskuler, obat-obat yang bekerja pada sistem endokrin, kemoterapeutik dan autacoid & miscellaneous drugs.