Mata kuliah ini berisikan materi yang berkaitan dengan evaluasi farmakoekonomi, meliputi analisis biaya terapi, analisis cost-minimization, cost-benefit, cost-effectiveness, dan cost-utility; pengukuran kualitas hidup dalam evaluasi farmakoekonomi, serta aplikasi farmakoekonomi dalam pelayanan farmasi. Selain itu mata kuliah ini juga membahas mengenai farmakoepidemiologi, metodologi penelitian farmakoepidemiologi, konsep penggunaan obat, serta analisis dan evaluasi studi farmakoepidemiologi.

Mata kuliah Pengembangan Kepribadian memberikan pengetahuan dan kemampuan kepada mahasiswa dalam membentuk sikap dan kepribadian kepada peserta didik tentang berbagai strategi yang digunakan untuk mengembangkan kepribadian, mengenal lingkungan, menggunakan kekuatan dirinya untuk merubah dan memberikann pengaruh terhadap lingkungan.

Mata kuliah Interaksi Obat ini membahas tentang ruang lingkup interaksi obat dan efek samping obat meliputi gambaran umum, jenis atau tipe, tools pengukur atau indikator, serta pelaporannya. Konsep dan aplikasi interaksi obat dan obat serta obat dan herbal.

Mata kuliah Pengembangan Kepribadian memberikan pengetahuan dan kemampuan kepada mahasiswa dalam membentuk sikap dan kepribadian kepada peserta didik tentang berbagai strategi yang digunakan untuk mengembangkan kepribadian, mengenal lingkungan, menggunakan kekuatan dirinya untuk merubah dan memberikann pengaruh terhadap lingkungan.

Mata kuliah ini membahas teori pemisahan, teori pemisahan dasar kromatografi, kromatografi kertas, kromatografi lapis tipis, kromatografi kolom, kromatografi cair kinerja tinggi, kromatografi gas, kromatografi pertukaran ion, elektroforesis, serta penggunaan untuk analisis dan instrumentasinya.

Mata praktikum ini membahas tentang penggunaan berbagai instrumentasi kimia untuk identifikasi kualitatif dan kuantitatif senyawa obat yang meliputi: KLT-spektrofotometri, KLT-densitometri, HPLC, kromatografi gas dan kromatografi kolom sederhana

Mata kuliah ini membahas tentang sifat-sifat fisikokimia obat dan produk obat serta pengaruhnya dalam proses transport dalam badan, proses transport obat lewat membrane sel, aspek-aspek biofarmasetika, rate-limiting step, faktor-faktor yang mempengaruhi absorpsi obat, bioavailabilitas, bioekuivalensi, rute pemberian dan proses absorpsinya, pengaturan dosis, studi absorpsi in vitro, in situ, dan in vivo, korelasi in vitro-in vivo, inkompatibilitas dan interaksi obat, seleksi obat dan alternatif cara pemberian obat.

Praktikum melakukan praktik tentang kecepatan disolusi intrinsik, permeasi obat dengan usus terbalik, absorpsi obat melalui kulit secara in vitro, absorpsi in situ, dan analisis data biofarmasetika dengan metode curve fitting.

Mata kuliah ini membahas tentang definisi sediaan steril, persyaratan sediaan steril, contoh sediaan steril, berbagai metode sterilisasi, konsep dasar sterilisasi, cara pembuatan sediaan steril (injeksi, infus, salep mata, tetes mata), kerja aseptis, kontrol kualitas, dan evaluasi sediaan steril tersebut. Selain itu juga membahas tentang perhitungan tonisitas, test pirogen, medical device, persyaratan dan pembuatan air untuk sediaan steril, wadah/pengemas sediaan steril serta aplikasi  metode sterilisasi yang digunakan di industri farmasi dan rumah sakit, beserta contoh produk sterilnya.

Praktikum Formulasi dan Teknologi Sediaan Steril berisi tentang tata laksana pencucian dan sterilisasi pengemas primer sediaan steril dan uji sterilitas, pembuatan sediaan steril volume kecil, pembuatan sediaan steril volume besar, pembuatan sediaan suspensi steril dan pembuatan salep mata dan tetes mata steril serta uji kualitas produk.

Mata kuliah ini membicarakan tentang prinsip Drug Related Problems (DRP) dan prinsip farmakoterapi kondisi infeksi, prinsip farmakoterapi rasional pada gangguan darah, dan prinsip farmakoterapi rasional pada penyakit infeksi dan malignansi.

Mata kuliah ini membahas tentang biotransformasi obat, reseptor dan hubungan struktur aktivitas obat anti infeksi, obat stimulansia, obat depresansia, zat adrenergik dan kolinergik, histamin dan antagonisnya, analgetik, antipiretik dan antiinflamasi, obat kardiovaskular, obat diuretika, hormon steroid, dan vitamin.