Mata kuliah ini adalah mata kuliah institusional dalam blok Profesionalisme Kebidanan . Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa akan mampu memahami dan menerapkan Sosioantropologi. Bahan kajian mata kuliah ini adalah Sosioantropologi dengan topik (konsep ilmu sosial antropologi, manusia sebagai makluk budaya, manusia sebagai individu dan sosial, manusia keragaman, manusia nilai moral,manusia sians dan teknologi,manusia lingkungan, perkembangan nilai budaya individu keluarga dan masyarakat, keragaman budaya transkultural, aspek kehidupan perkembangan dan masalah, aspek sosial yang mempengarui, pendekatan sosial budaya dalam praktik kebidanan, konsep motivasi perilaku sosial, sensitivitas sosial, interaksi sosial,norma nilai sosial, struktur sosial, konflik sosial, perubahan sosial). Pelaksanaan pembelajaran adalah teori  dengan evaluasi formatif dan sumatif.

Mata kuliah ini adalah mata kuliah prodi kebidanan (S-1) dalam blok Keterampilan Dasar. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa akan mampu memahami dan menerapkan Pemeriksaan Fisik Ibu dan Bayi. Bahan kajian mata kuliah ini adalah pemeriksaan fisik ibu dan bayi memiliki topik bahasa  seperti anamnesa, pengkajian tanda vital ibu, pemeriksaan dasar pada kehamilan, persalinan dan nifas. Pelaksanaan pembelajaran adalah teori dan praktikum dengan evaluasi formatif dan sumatif.

Mata kuliah ini adalah mata kuliah prodi Kebidanan (S-1) dalam Blok Keterampilan Praktik Kebidanan II. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa akan mampu memahami dan menerapkan asuhan kebidanan pada masa nifas. Bahan kajian mata kuliah ini adalah Adaptasi fisiologi nifas, Manajemen nifas normal pada ibu dan bayi, laktasi, Aspek psikososial dan kultural pada nifas (Menganalisis dimensi sosial dan kultural yang berhubungan dengan nutrisi dan laktasi serta memperkuat pengetahuan dan keterampilannya untuk mendukung perempuan dalam membuat pilihan memberikan nutrisi pada bayi, laktasi dan menyusui sesuai dengan kode etik praktik bidan), Nutrisi dan biochemistry masa nifas, biochemistry masa nifas, biochemistry ASI, Masalah yang umum terjadi pada postpartum, Seksualitas pada periode postpartum, Manajemen nifas (dukungan menyusui, konseling tentang perawatan diri),  Berduka dan kehilangan, Prinsip praktik dan asuhan, postnatal care principled and praktice, menerapkan ilmu dan riset tentang breastfeeding, Adaptasi ibu dan proses menyusui, Pemeriksaan postnatal, Asuhan kebidanan pada puerperium abnormal, Asuhan kebidanan pada ibu dengan kondisi khusus, mastitis,, perinatal dengan gangguan mood dan kecemasan, postpartum endometritis, perdarahan post partum, Asuhan postnatal di rumah sakit pada ibu post SC, Edukasi dan pengaturan kehamillan pada masa nifas, Konsep home visit, Keterampilan melakukan pencatatan, Keterampilan membuat surat rujukan, Keterampilan membuat rujukan, Manajemen dan administrasi obat yang digunakan dalam asuhan nifas, Risk Assesment tools, Dukungan dalam menyusui, Asuhan postnatal pada ibu dengan kebutuhan kompleks, Patient safety pada asuhan postnatal, Pembelajaran interprofesional dan bekerja interdisiplin, refleksi praktik klinik, penurunan risiko dan promosi kesehatan pada postpartum. Pelaksanaan pembelajaran pada mata kuliah ini adalah teori dan praktikum dengan evaluasi formatif dan sumatif.

Mata kuliah ini adalah mata kuliah institusional dalam blok Profesionalisme Kebidanan . Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa akan mampu memahami dan menerapkanPersonality Development. Bahan kajian mata kuliah ini adalah Pengantar Personal Development memiliki topik tenaga kesehatan dan pendidikan karakter, nilai nilai universal, tahap tahap pembentukan karakter,karakteristik profesional dan kredibel, kepribadian manusia, karakter bagi tenaga kesehatan, kepribadian manusia, pentingnya karakter bagi tenaga kesehatan, manajemen konflik,  Costumer Service excelent, Kepemimpinan, Soft skill, Kecerdasan Emosional, Strategy to build personal brand memiliki topic ( vocal expression and voice carakter, body languagr facial expression, estetika dalam berbusana) . Pelaksanaan pembelajaran adalah teori dan praktikum dengan evaluasi formatif dan sumatif.

Mata kuliah ini adalah mata kuliah  prodi kebidanan (S-1) dalam  blok Komunikasi Efektif dalam Praktik Kebidanan. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa akan mampu memahami dan menerapkan Komunikasi Efektif dalam Praktik Kebidanan. Bahan kajian mata kuliah ini adalah Komunikasi dalam kebidanan memiliki topik bahasan  konsep teori komunikasi non verbal dan komunikasi interpersonal dan aplikasinya pada pelayanan kebidanan dalam berbagai situasi, informed concent, refektif kritikal yang ada pada reflektif terhadap kasus yang sedang terjadi atau reflection in and on action , siklus reflektif menurut kolb's dan gibbs serta analisa kritis, pembinaan informasi, empati dan sentuhan, hubungan ibu -bidan, pentingnya hubungan terapeutikyang bermakna, teknik komunikasi dan patient safety, konsep psikologi yang relevan sebagai bentuk kasih sayang dan etika teknik media berkomunikasi, sistem informasi kesehatan, komunikasi persuasive argumentasi, komunikasi interprofesionalisme, tantangan komunikasi dalam memecahkan isu berita, konseling dalam asuhan kebidanan, ketrampilan observasi,membantu klien dalam pengambilan keputusan, membangun kepercayaan diri dan memberikan dukungan,  hubungan terapeutis dalam berkomunikasi),  Komunikasi Efektif memiliki topik (konsep komunikasi efektif, ketrampilan komunikasi efektif, indikator ketrampilan berkomunikasi, media komunikasi tradisional maupun modern, sosial media dan kerahasiaan,sosial media dan kerahasiaan , evaluasi komunikasi, psikologi komunikasi,. Pelaksanaan pembelajaran adalah teori dan praktikum dengan evaluasi formatif dan sumatif.

Mata kuliah ini adalah mata kuliah prodi kebidanan (S-1) dalam blok profesional kebidanan . Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa akan mampu memahami dan menerapkan profesional kebidanan . Bahan kajian mata kuliah ini adalah profesional kebidanan meliputi topik (evidanse based midwifery, sejarah perkembangan dan pelayanan kebidanan, peran dan tanggung jawab bidan pada berbagai tatanan pelayanan, peran bidan di pelayanan kesehtan primer termasuk kesehatan masyarakat, budaya/ tradisi dalam kebidanan, kesenjangaan gender dalam pelayanan kebidanan, keilmuan kebidanan , hubungan bidan ibu, media sosial profesional, rujukan, etik biomedik, model asuhan dan peran profesional kesehatan lain dalam memberikan asuhan berkualitas,pengembangan profesional berkelanjutan, pengantar kepemimpinan dalam kebidanan, pengenalan pada politik dalam pelayanan kebidanan dan medical modek dalam pelayanan obstetrik, prinsip  partnership dalam promosi kesehatan interprofesional,integency intersektor) . Pelaksanaan pembelajaran adalah teori  dengan evaluasi formatif dan sumatif.