Mata kuliah ini adalah mata kuliah prodi Kebidanan (S-1) dalam Blok Keterampilan Praktik Kebidanan II. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa akan mampu memahami dan menerapkan asuhan kebidanan pada masa nifas. Bahan kajian mata kuliah ini adalah Adaptasi fisiologi nifas, Manajemen nifas normal pada ibu dan bayi, laktasi, Aspek psikososial dan kultural pada nifas (Menganalisis dimensi sosial dan kultural yang berhubungan dengan nutrisi dan laktasi serta memperkuat pengetahuan dan keterampilannya untuk mendukung perempuan dalam membuat pilihan memberikan nutrisi pada bayi, laktasi dan menyusui sesuai dengan kode etik praktik bidan), Nutrisi dan biochemistry masa nifas, biochemistry masa nifas, biochemistry ASI, Masalah yang umum terjadi pada postpartum, Seksualitas pada periode postpartum, Manajemen nifas (dukungan menyusui, konseling tentang perawatan diri),  Berduka dan kehilangan, Prinsip praktik dan asuhan, postnatal care principled and praktice, menerapkan ilmu dan riset tentang breastfeeding, Adaptasi ibu dan proses menyusui, Pemeriksaan postnatal, Asuhan kebidanan pada puerperium abnormal, Asuhan kebidanan pada ibu dengan kondisi khusus, mastitis,, perinatal dengan gangguan mood dan kecemasan, postpartum endometritis, perdarahan post partum, Asuhan postnatal di rumah sakit pada ibu post SC, Edukasi dan pengaturan kehamillan pada masa nifas, Konsep home visit, Keterampilan melakukan pencatatan, Keterampilan membuat surat rujukan, Keterampilan membuat rujukan, Manajemen dan administrasi obat yang digunakan dalam asuhan nifas, Risk Assesment tools, Dukungan dalam menyusui, Asuhan postnatal pada ibu dengan kebutuhan kompleks, Patient safety pada asuhan postnatal, Pembelajaran interprofesional dan bekerja interdisiplin, refleksi praktik klinik, penurunan risiko dan promosi kesehatan pada postpartum. Pelaksanaan pembelajaran pada mata kuliah ini adalah teori dan praktikum dengan evaluasi formatif dan sumatif.


Mata kuliah ini adalah mata kuliah prodi kebidanan (S-1) dalam Blok Keterampilan Praktik Kebidanan II. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa akan mampu memahami dan menerapkan asuhan kebidanan pada persalinan dan BBL. Bahan kajian mata kuliah ini adalah Konsep normal dalam persalinan, Asuhan dan pendekatan pada persalinan normal, Pengetahuan dan keterampilan klinik kebidanan dalam persalinan dan kelahiran yang normal dan kondisi komplek, Peran bidan sebagai pendamping dan pelindung dalam persalinan dan kelahiran (advocate), Asuhan sayang ibu dan pelayanan kebidanan yang responsive, Kesiapan dan ketahanan emosi dalam persalinan,  Konsep dan penilaian persalinan, Meningkatkan hasil kelahiran melalui promosi dan advokasi contohnya pada gentle dan active birth,  Mendampingi ibu bersalin, Mempertahankan kenormalan persalinan (termasuk analisis pendekatan gentle birtdan asuhan holistik dalam kehamilan), Perubahan psikologi selama persalinan dan dampaknya, Faktor SP dalam persalinan, Mempertahankan kenyamanan dan manajemen nyeri, Kala 1 persalinan, Kala II persalinan, Kala III, Periode postpartum dini, Keterampilan pertolongan keterampilan persalinan normal, Keterampilan pertolongan persalinan sungsang, Keterampilan pertolongan persalinan dengan esktraksi vakum pada kepala di dasar panggul pada kasus kegawatdaruratan,  Keterampian melakukan manual placenta pada kasus retensio placenta, Keterampilan komunikasi efektif termasuk dalam pengkajian dan pendokumentasiannya (contoh SAR), Lingkup praktik Bidan dalam asuhan persalinan dan BBL, Manajemen dan administrasi obat yang digunakan dalam asuhan persalinan, Risk assesment tools, Asuhan pada ibu bersalin dan bayi dengan kebutuhan kompleks, Patient safety pada asuhan persalinan dan bayi baru lahir, Menilai penyebab dan manajemen trauma perineal, Pengendalian infeksi dan perawatan luka, Pembelajaran interprofesional dan bekerja interdisiplin, refleks praktik klinik, penurunan risiko dan promosi kesehatan pada persalinan dan BBL, Bayi baru lahir sehat . Pelaksanaan pembelajaran pada mata kuliah ini adalah teori dan praktikum dengan evaluasi formatif dan sumatif.


Mata kuliah ini adalah mata kuliah prodi kebidanan (S-1) dalam Blok Keterampilan Praktik Kebidanan II. Mata kuliah ini mengandung unggulan dalam yang setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa akan mampu memahami dan menerapkan asuhan kebidanan pada kehamilan dan juga pelayanan kebidanan komplementer dalam kehamilan. Bahan kajian mata kuliah ini adalah asuhan kebidanan pada kehamilan dengan topik yang mencakup : 1. Diagnosis kehamilan; 2. Komponen dalam ANC; 3. Skrining resiko maternal selama kehamilan; 4. Skrining kesejahteraan janin; 5. Ketidaknyamanan umumm pada kehamilan dan perilaku serta perubahan; 6. Kebutuhan Nutrisi ; 7. Drug in pregnancy; 8. Etika, kewenangan, dan lingkup praktik bidan dalam asuhan kehamilan; 9. Manajemen asuhan pada kehamilan; 10. Penyusunan birth plan; 11. Skrining risiko;12. Persiapan keluarga ; 13. Manajemen dan admimnistrasi obat yang digunakan dalam asuhan kehamillan; 14. Risk assesment tools; 15. Asuhan antenatal pada ibu dengan kebutuhan kompleks; 16. Patient safety pada asuhan antenatal; 17. Pembelajaran interprofessional dan bekerja interdisiplin, refelksi praktik klinik, penurunan risiko dan promosi kesehatan dalam antenatal. Pelaksanaan pembelajaran pada mata kuliah ini adalah teori dan praktikum dengan evaluasi formatif dan sumatif.