Mata kuliah ini membahas tentang berbagai konsep dan prinsip mengenai Primary Health Care (PHC) dengan menekankan pada pemahaman terhadap Piagam Ottawa. Implementasi Konsep PHC berupa Sistem Kesehatan Nasional dan Jaminan Kesehatan Nasional sebagai wujud universal coverage dalam bentuk promosi kesehatan, level pencegahan penyakit, dan layanan kesehatan tingkat pertama serta jenjang rujukan.


Mata kuliah ini membahas tentang konsep teoritis promosi kesehatan dan pendidikan kesehatan bagi klien, konsep dan teori belajar mengajar, konsep dan teori promosi kesehatan dan pengembangan program pendidikan dan promosi kesehatan bagi klien

Fokus mata ajar ini adalah pada pemenuhan kebutuhan klien dewasa dengan gangguan sistem endokrin, imunologi, pencernaan, dan perkemihan dengan penambahan praktikum untuk sistem kardiovaskuler dan pernapasan. Pemberian asuhan keperawatan pada kasus gangguan sistem endokrin, imunologi, pencernaan, dan perkemihan berdasarkan proses keperawatan dengan mengaplikasikan ilmu biomedik seperti biologi, histologi, biokimia, anatomi, fisiologi, patofisiologi, ilmu keperawatan medikal bedah, ilmu penyakit dalam, farmakologi, nutrisi, bedah, dan rehabilitasi. Gangguan dari sistem tersebut meliputi gangguan peradangan, kelainan degeneratif, keganasan dan trauma, yang termasuk dalam 10 kasus terbesar baik lokal, regional, nasional, dan internasional. Lingkup bahasan mulai dari pengkajian sampai dengan evaluasi asuhan terhadap klien. Intervensi keperawatan meliputi terapi modalitas keperawatan pada berbagai kondisi termasuk terapi komplementer.

Mata Kuliah ini membahas tentang konsep keperawatan anak dengan penyakit kritis atau terminal pada konteks keluarga dengan mengembangkan pola pikir logis dan etis, menggunakn komunikasi terapeutik dan memperhatikan budaya dan menghargai sumber-sumber etk, agama atau faktor lain dari setiap pasien yang unik

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang dilaksanakan di tahun pertama. Selama 14 minggu mahasiswa akan menjalani proses pembelajaran dan mempelajari topic-topik mengenai konsep etika, aturan akademik, soft skill, decision making process, konsep pembelajaran dewasa, sistem student-centered learning, teori kerpribadian, pengembangan karakter dan motivasi. Metode pembelajaran meliputi diskusi tutorial, seminar kelompok di kelas, ceramah, project based-learning, analisa film, refleksi diri, dan debat. Metode evaluasi meliputi CBT (Computer Base Test) dan penilaian laporan.